Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

Wisata air terjun Jagir Banyuwangi yang terdiri dari 2 titik air terjun yaitu air terjun Kembar dan air terjun Kretegan, berada di sekitar kota Banyuwangi. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih sekitar 8 km ke arah barat dengan durasi tempuh sekitar 15 menit. Lebih mudah lagi, Anda menuju ke arah desa adat osing, Desa Kemiren, atau sebelah barat lagi dari pemandian Taman Suruh. Disitulah lokasi air terjun Jagir.

Rinta Alvionita - Air Terjun Kretegan Banyuwangi

 

Wisata ini sangat direkomendasikan bagi keluarga yang ingin berekreasi di lokasi yang dekat dengan pusat kota dengan biaya yang ekonomis/murah. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak kecil atau balita, lokasi wisata ini sangat asyik untuk bermain air dibawah air terjun sembari piknik keluarga.

Medan yang dilewati adalah berupa tangga menuruni tebing, lalu menyusuri sungai untuk sampai di air terjun. Di titik pertama, air terjun kembar langsung bisa Anda temui setelah turun tangga. Sementara air terjun Kretegan dapat Anda temui 200 meter ke arah utara dari air terjun Kembar dengan menyusuri sungai dangkal nan bening.

Menyusuri Sungai Menuju Air Terjun Kretegan Banyuwangi

Tebing Bebatuan di Sekitar Air Terjun Banyuwangi

Untuk sampai ke salah satu wisata air terjun di Banyuwangi ini, rute perjalanannya sangat mudah. Berikut skenario perjalanannya:

Dari Surabaya:
– Kereta Api: Dari stasiun Gubeng Surabaya, naiklah KA dengan tujuan ke Stasiun Karangasem Banyuwangi. Dari situ Anda bisa naik ojek atau carter mobil atau angkot untuk di antar ke lokasi wisata air terjun Jagir.
– Bus: Dari terminal Purabaya Bungurasihh Sidoarjo, Anda langsung naik bus jurusan Banyuwangi dan turun di Terminal Brawijaya Karangente. Dari situ Anda langsung naik ojek atau carter mobil atau cari angkot yang arah ke desa Kemiren-Taman Suruh-air terjun Jagir.
– Travel: Menggunakan jasa travel adalah yang paling mudah, dari Surabaya Anda akan dijemput dengan mobil travel tersebut lalu di antar ke TKP. Namun biasanya ada tambahan biaya Rp. 10.000,- per orang dari harga travel normalnya.

Dari Denpasar:
– Bus: Dari terminal Mengwi, langsung saja naik bus menuju ke Terminal Brawijaya Karangente Banyuwangi. Dari situ Anda langsung naik ojek atau carter mobil atau cari angkot yang arah ke desa Kemiren-Taman Suruh-air terjun Jagir.
– Travel: Menggunakan jasa travel adalah yang paling mudah, dari Denpasar Anda akan dijemput dengan mobil travel tersebut lalu di antar ke TKP. Namun biasanya ada tambahan biaya Rp. 10.000,- per orang dari harga travel normalnya.

Wisata ini tidak bisa dikunjungi pada waktu malam hari karena belum cukup penerangan dan saat ini masih dalam tahap pemugaran serta perbaikan sarana prasarana.

Air Terjun Kembar Banyuwangi